Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 20:38 WIB

Bantah Terkait Tahun Politik

TDL dan BBM Subsidi Tidak Naik sampai 2019

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 6 Maret 2018 | 00:16 WIB

Berita Terkait

TDL dan BBM Subsidi Tidak Naik sampai 2019
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah memastikan tidak akan menaikan harga tarif daftar listrik (tdl) sampai 2019, seiring daya beli masyarakat yang kian melemah. Dengan begitu pemerintah memutuskan TDL tidak naik.

"Daya beli masyarakat ini harus dipertahankan, setidaknya pada level sekarang atau meningkat sehingga keputusan pemerintah itu tarif listrik PLN tahun ini dan tahun depan (2019) tidak naik," kata Menteri ESDM, Ignatius Jonan di kantornya, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Menurut Jonan, keputusan tersebut sudah resmi dalam sidang kabinet dengan Presiden Joko Widodo dan sudah diputuskan dalam paripurna DPR.

"Komisi VII (DPR) raker terakhir yang saya ikuti mendukung, tarif listrik tidak naik, karena daya beli masyarakat diharapkan jangan sampai menurun," kata dia.

Adapun tarif listrik yang tidak naik adalah pelanggan golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA. Dua pelanggan ini akan mendapatkan subsidi dari pemerintah. Jonan mengklaim keputusan ini bukan terkait dengan tahun politik.

"Ada yang tanya ini masuk tahun politik. Tidak, ini untuk menjaga daya beli masyarakat," kata dia.

Selain listrik, pemerintah, kata dia, juga tidak akan menaikan harga bahan bakar minya penugasan, yakni premium dan solar. BBM ini juga dipastikan tidak akan naik sampai tahun 2019.

"BBM penugasan RON 88 (Premium) harga tetap tidak naik, ini semakismal yang bisa. Kalau nanti harga minyak USD100 per barel gimana, ya ditinjau lagi. Pada prinsipnya tidak naik. Jadi jangan buat andai-andai saya baca tidak ngerti," ujar dia. [hid]

Komentar

x