Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 14:38 WIB
 

Inilah Respon Darmin Tanggapi Rencana Trump

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 6 Maret 2018 | 13:43 WIB
Inilah Respon Darmin Tanggapi Rencana Trump
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution akan memanggil Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita untuk merespons kebijakan Trumpyang ingin menaikkan bea masuk produk impor baja dan alumunium.

"Kita nanti rakor (rapat koordinasi) dulu dengan Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan," kata Darmin di Kantornya, Selasa (6/3/2018).

Darmin menjelaskan untuk saat ini pemerintah tidak akan terlalu agresif dan terburu-buru merespons kebijakan Trump tersebut, dirinya lebih memilih melihat perkembangan yang ada ke depan.

"Ya masih terlalu dini lah kita bereaksi," kata Darmin ketika ditanya langkah pemerintah Indonesia atas kebijakan Trump tersebut.

Namun Darmin bilang, kebijakan yang akan diterapkan Trump tentunya akan membuat Indonesia dan negara lain dibanjiri produk baja asal China.

Sebab, China menjadi salah satu produsen baja terbesar di dunia dan salah satu pengekspor baja ke negeri Paman Sam.

Pasar saham Asia hari Senin (5/3/2018) kembali merosot karena tarif impor baja dan aluminium yang diusulkan Trump.

Trump meningkatkan retorikanya. Dalam cuitan di Twitter ia menulis, "Sahabat dan musuh kita telah memanfaatkan Amerika selama bertahun-tahun. Maaf, ini saatnya berubah. Make America Great Again," kata Trump.

Langkah itu, bagian dari gerakan proteksionis Trump "America First," menuai kemarahan di seluruh dunia dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat mulai dari China sampai Belgia. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x