Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10:29 WIB

Tarif Baja AS Ancam Infrastruktur Indonesia

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 7 Maret 2018 | 15:11 WIB

Berita Terkait

Tarif Baja AS Ancam Infrastruktur Indonesia
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wacana Presiden Amerika Serikat (AS), Donal Trump yang akan menaikan tarif impor untuk baja dan alumunium dinilai akan berdampak tidak langsung pada proyek infrastruktur di Indonesia.

Sebab, apabila Trum menaikkan bea masuk baja dan alumunium itu, maka negara penghasil baja seperti China akan mengalihkan ke Indonesia. Padahal, baja dari China itu kualitasnya bukan yang terbaik.

"Dengan baja oplosan tadi yang nantinya kalau masuk ke proyek infrastruktur jadi tidak kuat, konstruksi bangunannya," kata Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara di gedung Kementerian Pertanian Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Menurut dia, hal ini bukan masalah sederhana. Sebab menyangkut dengan nyawa banyak orang. Dengan begitu, dia meminta pemerintah terkait benar-benar menyeleksi masuknya baja oplosan dari China tersebut.

"Kalau konstruksinya sudah jadi akan membahayakan orang, di sini lah Kementerian terkait dan kontraktor benar-benar menyeleksi kualitas dari material infrastruktur ini tidak bisa main main, ini nyawa orang," ujar dia.

Dampak tidak langsung lainnya adalah, kata dia, adalah menurunnya daya saing antar pengusaha baja di dalam negeri, karena harga baja China sangat murah. Untuk itu, pemerintah diminta untuk mengantisipasi hal tersebut.

Trump dalam cuitan di Twitter ia menulis, "Sahabat dan musuh kita telah memanfaatkan Amerika selama bertahun-tahun. Maaf, ini saatnya berubah. Make America Great Again," kata Trump.

Langkah itu, bagian dari gerakan proteksionis Trump "America First," menuai kemarahan di seluruh dunia dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat mulai dari China hingga Belgia. [hid]

Komentar

x