Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 05:54 WIB

JK: Ketahanan Pangan Masalah Dunia

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 8 Maret 2018 | 14:10 WIB

Berita Terkait

JK: Ketahanan Pangan Masalah Dunia
Wakil Presiden Jusuf Kalla - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketahanan pangan bukan hanya menjadi isu nasional, melainkan internasional alias dunia. Sebab masalah pangan sudah menyangkut semua manusia.

Demikian disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Jakarta Food Security Summit 4 (JFSS4) dengan tema "Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan" yang diselenggarakan oleh KADIN.

"Saya ingin ucapkan terimakasih atas penyelenggaraan JFS ke-4, karena masalah keamanan pangan bukan hanya masalah kita, tapi masalah dunia, masalah seluruh umat manusia," kata JK sapaan akrab Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

JK mengatakan, banyak persoalan dihadapi dalam mempertahankan pangan. Selain pertumbuhan penduduk, kata JK, pangan juga mengalami masalah kekurangan lahan karena adanya urbanisasi.

Kemudian, ketersediaan air serta masalah alam yakni perubahan iklim yang berpengaruh pada jumlah produksi pertanian. "Karena itu maka tren harga hasil pertanian atau pangan selalu naik, pada saat saya jadi ketua umum bulog tahun 2000 saya ingat betul, harga impor beras hanya 170 dollar AS per ton, sekarang sudah 420 dollar per ton. Dalam waktu 18 tahun naik tiga kali lipat harganya dalam dollar," ujar dia.

Dengan begitu, penting adanya koordinasi antara pemerintah dan pengusaha untuk menerapkan teknologi yang maju dalam mengatasi pangan. "Riset-riset teknologi untuk ketahanan pangan ini jadi tanggungjawab pemerintah dan pengusaha," kata dia.

"Ini kalau di negara lain dengan teknologi mereka yang dimiliki, mereka bisa menghasilkan 8 ton padi per hektare, sedangkan kita 5,5 ton padi per hektare. Tentu kita bisa sama 8 ton jika gunakan teknologinya sama," ujar JK. [hid]

Komentar

x