Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 18:20 WIB
 

Pengusaha Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Prokades

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 8 Maret 2018 | 19:40 WIB
Pengusaha Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Prokades
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Penandatanganan MoU itu dalam acara Jakarta Food Security Summit 4 (JFSS4) dengan tema "Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan"

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan, penandatanganan MoU ini menghadirkan investasi dengan nilai Rp 47 triliun. Adapun MoU itu untuk menunjan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) yang diatur dalam pola kemitraan.

"48 dunia usaha mereka meneken lebih dari 200 kerja sama Prukades yang nilai investasinya diperkirakan Rp 47 triliun dari semua yang ditandatangani itu," kata Eko di JCC, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Menurur Eko dengan adanya kerja sama ini diprediksi bisa menyerap banyak tenaga kerja. "Diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja sampai 10 juta jiwa saat semuanya itu berjalan," kata dia.

Eko mengatakan, kerja sama ini bisa menunjang ekonomi Indonesia. Apalagi, ada satu proyek nilainya mencapai Rp 4 triliun. "Salah satunya adalah perkebunan gula di Melolo, Sumba Timur. Itu daerah yang sangat ekstrem. Itu satu perusahaan bekerja sama degn pemda dan daerah transmigrasi itu membentuk suatu usaha gula yang diharapkan pada 2019 nanti akan memproduksi 200 ribu ton gula," kata dia.

Untuk kementerian terkait, kata Eko, Kementerian Pertanian (Kementan) turut menyumbang dalam Prukades. Kementan memberikan bantuan bibit, pupuk, infrastruktur dan mesin pertanian. "Kayak di Pandeglang, Kementan itu membantu bibit untuk 50 ribu hektare itu lebih dari Rp 60 miliar," kata Eko. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x