Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 20:17 WIB
 

Petani Diminta Perbaiki Cara Bercocok Tanam

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 9 Maret 2018 | 04:09 WIB
Petani Diminta Perbaiki Cara Bercocok Tanam
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Para petani diminta membuat kelompok kerja atau sejenisnya. Hal itu dilakukan agar kesejahteraan petani dapat terjamin karena ada kerja sama antar petani.

"Dengan kelompok itu bisa ada kerja sama antara sesama petani. Kalau sendirian anaknya sakit, bisa-bisa dia jual sapinya, karena harus membayar biaya dan enggak ada yang mengurusi ternaknya," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Menurut Darmin, dengan pola kerja sama antar petani diyakininya bisa mengentaskan masalah petani di Indonesia. "Kalau kerja sama itu akan bisa dibantu oleh temannya, juga timbal balik, kalau dia bisa dibantu temannya, dia juga bisa membantu temannya," ujar dia.

Kemudian, tekan Darmin, petani juga diminta memperbaiki cara bercocok tanam dan berternaknya. Sebab, dengan cara yang benar, maka hasil pertaniannya pun akan memuaskan.

Dia mengatakan, bagia petani yang belum bisa bercocom tanam atau berternak dengan baik disarankan meminta pendampingan. "Ada mitranya yang akan membantu menyediakan pendamping yang mengerti bagaimana bercocok tanam yang baik atau berternak/bertambak yang baik," ujar dia.

"Itu sebetulnya konsep dasar yang kalau diliat semua ditanya satu satu konsep dasar sama, cluster, kelompok, cara bercocok tanam atau berusaha yang baik,ada benih atau bibit, ada staker dan soal pendampingan," kata Darmin. [ipe]


Komentar

 
x