Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 19:27 WIB

Rupiah Melemah, Menko Darmin Salahkan Orang Ini

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 9 Maret 2018 | 06:29 WIB

Berita Terkait

Rupiah Melemah, Menko Darmin Salahkan Orang Ini
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), belakangan menunjukan tren pelemahan. Bahkan hampir menyentuh angka psikologis Rp13.800/US$.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menyebut, pelemahan nilai tukar rupiah dipantik pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell. "Itu si Powell ngomong macam-macam (dampaknya pada rupiah yang melemah)," kata Darmin di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis, (8/3/2018).

Darmin meyakini, tak ada alasan yang kuat faktor dalam negeri membuat rupiah terus melemah. Di mana, data ekonomi dalam negeri, berada di level yang terbilang baik.

Bahkan, klaim Darmin, data itu bisa menunjang kenaikan rupiah. Untuk itu, pelemahan ini diyakini datang dari faktor eksternal. "Bukan karena kita persoalannya, karena asal persoalannya dari luar," kata Darmin.

Diketahui, pasar keuangan sempat dihebohkan dengan pernyataan Gubernur The Federal Reserve Jerome Powell yang akan menaikan suku bunga, kemudian ada juga rencana Presiden AS Donald Trump terkait reformasi pajak serta upah buruh.

Dengan adanya pernyataan itu, dinilai telah menciptakan sentimen di pasar keuangan, sehingga yang terjadi yakni pelaku pasar keuangan yang selama ini menaruh dananya di Indonesia, memilih menarik dananya untuk kembali diinvestasikan ke negeri Paman Sam karena dianggap lebih menjanjikan. [ipe]

Komentar

x