Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 09:16 WIB

Resmi, Inilah Harga Batu Bara untuk PLN

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 9 Maret 2018 | 13:34 WIB

Berita Terkait

Resmi, Inilah Harga Batu Bara untuk PLN
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi, dan Sumber Daya Minera (ESDM) menetapkan harga batu bara khusus untuk kebutuhan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero sebesar US$70 per ton.

Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi. Menurut dia, penetapan harga itu agar harga listrik tidak naik.

Terlebih, kata dia, pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU) Indonesia 57% menggunakan batu bara. Dengan demikian, harga batubara sangat mempengaruhi biaya produksi listrik.

"Kami tahu bahwa PLN seitar 57 persen energi primernya batubara," kata Agung di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Dia meyakini, dengan penatapan harga khusus batu bara untuk PT PLN dan IPP (swasta yang setor hasil listriknya ke PLN) harga TDL tidak akan naik. Akhirnya tidak akan membebani masyarakat.

Harga batu bara belakangan ini diketahui terus naik hingga US$ 110 per ton. Sedangkan kenaikan tarif listrik perlu dihindari karena untuk menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri.

"Ini dikeluarkan (harga khusus batu bara) mempertimbangkan daya beli masyarakat dan daya saing industri terkait harga," ujar dia.

Adapun penetapan harga batubara mengacu melalui Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018, Tentang Harga Batubara untuk Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum. Keputusan tersebut merupakan turunan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Perubahan Kelima PP Nomor 1 Tahun 2014 tentang Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Selain itu Peraturan Menteri ESDM Nomor 19 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral Logam dan Batubara.

Dalam payung hukum tersebut, pemerintah menetapkan harga jual batubara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dalam negeri sebesar US$70 per ton untuk nilai kalori 6.322 GAR,atau menggunakan Harga Batubara Acuan (HBA) apabila HBA berada di bawah US$70 per ton.

Untuk harga batubara dengan nilai kalori lainnya, dikonversi terhadap harga batubara pada nilai kalori 6.322 GAR tersebut berdasarkan perhitungan sesuai ketentuan yang berlaku.

Penetapan harga khusus tersebut berlaku surut sejak 1 Januari 2018 hingga Desember 2019. Artinya, kontrak-kontrak penjualan yang sudah berjalan sejak 1 Januari 2018 akan disesuaikan. [hid]

Komentar

x