Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 20:06 WIB

PLN Sambut Baik Penetapan Harga Batu Bara

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 9 Maret 2018 | 15:53 WIB

Berita Terkait

PLN Sambut Baik Penetapan Harga Batu Bara
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Keputusan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menetapkan harga batu bara khusus senilai US$70 per ton untuk kebutuhan listrik nasional disambut baik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero.

"Ini sangat positif bagi PT PLN. Ya mungkin seperti bagamaimana diketahui tahun lalu kami berupaya, akhirnya tahun ini telah ditetapkan," kata Direktur Pengadaan Strategis PLN, Supangkat Iwan Santoso di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Menurut Iwan, dengan penetapan harga ini diyakini akan membuat keuangan perusahaan pelat merah itu kian sehat. Sebab, belakangan ini harga batu bara kian melejit, yakni menembus angka US$101 per metrik ton.

"Kami bisa berhemat kira-kira Rp18 triliun untuk kebutuhan 85 juta ton. Kalau 89 juta (ton per tahaun kebutuhan batu bara, red) kira-kira Rp20 triliun hematnya," ujar dia.

Pemerintah diketahui menetapkan harga jual batu bara untuk PLTU dalam negeri sebesar US$70 per metrik ton untuk nilai kalori 6.322 GAR (Gross Air Received). Namun, jika nanti harga batu bara acuan turun atau lebih rendah dari US$70 per metrik ton, maka PLN bisa membeli dengan harga yang lebih rendah. [jin]

Komentar

x