Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 10:14 WIB
 

Bisnis Martabak Anak Presiden Go Internasional

Oleh : - | Senin, 12 Maret 2018 | 04:09 WIB
Bisnis Martabak Anak Presiden Go Internasional
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ingat Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Presiden Joko Widodo yang berbisnis martabak bertajuk markobar (Martabak Kota Barat)? Kini, bisnisnya makin maknyus.

Kalau tak ada aral, Gibran bilang, bisnis Markobar bakal Go Internasional. Tepatnya, Gibran berencana buka cabang Markobar di Manila, Filipina. "Targetnya tahun ini, sekarang sedang pengurusan izin usaha," ujar Gibran saat membuka gerai kolaborasi Sang Pisang X Markobar di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (11/3/2018).

Menurut Gibran, Filipina adalah pasar yang sangat potensial untuk produk martabak beraneka rasa. Masyakrat di sana, sangat menyukai makanan manis. "Markobar sering ikut pameran di Manila dan orang Filipina sangat antusias," ujar Gibran.

Dikutip dari website markobar1996.net, jenis kudapan manis yang berasal dari Solo ini, adalah bisnis generasi kedua yang dipegang oleh Arif Setyo Budi, dan kemudian dikembangkan oleh Gibran sejak 2015.

Konsep awalnya adalah kaki lima, Markobar kini terus berkembang dan memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Presiden Jokowi sendiri sempat terkejut saat mengetahui putranya memilih profesi berdagang martabak.

Padahal, Jokowi sangat berharap Gibran meneruskan usaha furnitur yang dirintisnya. Wajar apabila sang ayah sempat protes dengan keputusan Gibran berbisnis martabak. Ternyata, keyakinan Gibran tak sia-sia.

Kurang dari lima tahun, brand value Markobar berkembang lima kali lipat dibandingkan usaha furnitur yang dikelola Jokowi selama 27 tahun. "Baru lima tahun brand value pabrik yang saya miliki dengan brand value Gibran kalah," ujar Jokowi.

Saat ini, usaha dirintisnya itu terus melebarkan pasar termasuk membidik Filipina. Selain Markobar, Gibran punya usaha lain, yaitu Katering Chilli Pari, produk jas hujan Tugas Negara Boss, dan produk aplikasi permainan Hompimpa Games. Jadi, darah bisnis sang ayah mengalir kuat di tubuh sang anak. [tar]

Komentar

 
x