Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 02:38 WIB

KAHMI Jangan Hanya Cetak Politisi Tapi Pengusaha

Senin, 12 Maret 2018 | 09:09 WIB

Berita Terkait

KAHMI Jangan Hanya Cetak Politisi Tapi Pengusaha
Wakil Presiden Jusuf Kalla - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Etik Majelis Nasional KAHMI ingin organisasi ini fokus melahirkan wirausaha.

Kalla berpendapat, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), selama ini, berhasil mencetak banyak politisi. Contohnya Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Namun, pengusaha yang lahir dari organisasi ini, sangat minim. Padahal, masa depan perekonomian Indonesia sangat bergantung pengusahanya. "Tetapi begitu bicara kemampuan ekonomi, di sini mulai menyusut. Artinya kita harus punya fokus bukan hanya pada kemampuan politik," ujar Kalla saat melantik pengurus MN KAHMI di Jakarta, Minggu malam (11/3/2018).

Kalla berharap, KAHMI yang memiliki modal keilmuan dan teknologi, bisa lebih fokus dalam pengembangan ekonomi. Khususnya upaya menumbuhkan ekonomi yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saat ini, kata mantan Ketua Umum Partai Golkar ini, pemerintah sudah menyediakan kebijakan yang pro wirausaha. Arahnya untuk memberikan nilai tambah kepada usaha kecil dan menengah (UKM).

Namun, dorongan tersebut dianggap belum mampu menumbuhkan semangat kewirausahaan. Alhasil, angka ketimpangan ekonomi di Indonesia, tergolong masih tinggi. "Keadilan itu harus tumbuh, bukan diberikan," tegas pendiri Kalla Grup ini.

Karena itu, kontribusi para intelektual dan cendekiawan KAHMI dalam bidang ekonomi sangat diharapkan agar Indonesia bisa menjawab berbagai tantangan ke depan dan bersaing dengan bangsa-bangsa lain. "Jangan terus bicara tentang siapa yang akan jadi presiden, siapa yang jadi wapres. Tidak ada salahnya mencoba bertanya siapa yang akan jadi pengusaha besar," kata Kalla. [tar]

Komentar

x