Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 12:33 WIB

Akrab dengan Kopi Sejak Kecil, Zul Jadi Bapak Kopi

Senin, 12 Maret 2018 | 11:09 WIB

Berita Terkait

Akrab dengan Kopi Sejak Kecil, Zul Jadi Bapak Kopi
Ketua MPR Zulkifli Hasan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) menetapkan Ketua MPR Zulkifli Hasan sebagai Bapak Pencinta Kopi Indonesia.

Penetapan ini berlangsung dalam acara Pencanangan Hari Kopi Nasional dan Ikrar Pengurus Dekopi di Intermark, Kota Tangerang Selatan, Banten, Minggu (11/3/2018).

Penetapan gelar Bapak Pencinta Kopi Indonesia ditandai dengan pemberian cindera mata dari Ketua Umum Dekopi Anton Apriantono kepada Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara acara Pencanangan Hari Kopi Nasional dan Ikrar Pengurus Dekopi, Mahatma Gandhi mengatakan, agenda acara tersebut, antara lain, mengusulkan Hari Kopi Nasional serta menetapkan Zulkifli Hasan sebagai Bapak Pencinta Kopi Indonesia.

Zulkifli menyambut baik penetapan gelar Dekopi tersebut. Bang Zul, sapaan akrabnya, mengaku tak pernah bisa dipisahkan dengan kopi. Sejak usia kanak-kanak, Zul sudah ketagikan kopi.

Zul menceritakan kehidupan masa lalu di Lampung. Dia besar di lingkungan keluarga petani perkebunan. Orang tuanya adalah petani kopi dan cengkeh, sehingga saat anak-anak, dirinya sudah kenal dengan kopi. "Waktu SMA saya pindah dari Lampung ke Jakarta, juga tidak lepas dari niat untuk usaha kopi," kata Ketua Umum PAN ini.

Saat ini, mantan Menteri Kehutanan memiliki kedai kopi di Lampung. Di mana, Lampung adalah sentra produksi, kopi, lada, cengkeh, dan damar,. Hanya saja luas perkebunan di Lampung semakin tergerus menjadi sawah dan pemukiman.

Zul berharap, pemerintah dapat mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai sentra produksi perkebunan, baik kopi, lada, maupun cengkeh. "Saya harap, Dekopi bisa menjadi jembatan antara petani kopi dengan pemerintah dan dunia usaha," kata Zul. [tar]

Komentar

x