Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 10:06 WIB

Pendaftaran Taxi Online Baru Dihentikan

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 12 Maret 2018 | 19:09 WIB

Berita Terkait

Pendaftaran Taxi Online Baru Dihentikan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah resmi mengeluarakan aturan soal penghentian pendaftaran batu taxi online. Hal tersebut untuk melindungi pengendara angkutan umum berkompetisi secara sehat.

Keputusan ini diambil Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman setelah melakukan rapat dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan. Dari sini diputuskan pendaftaran taxi online baru ditiadakan.

"Mengingat jumlah pengemudi taksi aplikasi terlalu banyak. Diminta moratorium atau tidak lagi menerima pendaftaran taksi daring untuk menjaga kompetisi yang dalam kondisi sangat ketat," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Budi menjelaskan, banyaknya taxi online membuat persaingan usaha angkutan umum semakin ketat dan sampai kesulitan mendapatkan penumpang. Adapun moratorium ini berlaku untuk semua wilayah.

"Ada indikasi beberapa hari terakhir ada kecepatan (jumlah pendaftar) yang tidak proporsional. Ini kami harap tidak dilakukan. Maka kita lakukan moratorium di seluruh daerah," ujar dia.

Namun demikian, Budi belum dapat memastikan sampai kapan aturan ini berlaku. Menurut dia, penhentian akan ditentukan setelah lahir hasil kajian terbaru mengenai kebutuhan taksi daring. "Sampai ada ketetapan berikutnya," ujar Budi.

Budi menjelaskan, selain adanya penghentian pendaftatan, hasil rapat juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika segera menyelesakain daftar seluruh identitas pengendara taksi online di seluruh Indonesia.

"(Hasil rapat juga) meminta kepada Kominfo untuk selesaikan dashboard minggu ini dan dilaporkan ke kemenko mairitm," kata dia. [hid]

Komentar

x