Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 10:03 WIB

Ini Persiapan Kemenhub Jelang Lebaran 2018

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 14 Maret 2018 | 16:43 WIB

Berita Terkait

Ini Persiapan Kemenhub Jelang Lebaran 2018
Menhub, Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perhubungan mempersiapkan sejumlah strategi meningkatkan kenyamanan lalu lintas lebaran 2018.

"Penting sinergi Dinas Perhubungan dan Korlantas disemua daerah dengan menjalankan skenario lalu lintas dan antisipasi penumpukan kendaraan yang sudah dirumuskan secara matang. Kemudian angkutan umum juga kami minta memperbaiki kualifikasinya dan akan dievaluasi melalui ramp check secara berkala," kata Menhub, Budi Karya Sumadi di sela membuka rapat koordinasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Jakarta, Rabu, (14/3/2018).

Menhub mulai melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala Dinas Perhubungan guna pastikan persiapan lebaran tahun ini.

"Minggu depan Direktur Jenderal Perhubungan Darat dan Kakorlantas akan menggelar pertemuan dan mempersiapan konsep-konsep lalu lintas guna persiapan menghadapi perayaan lebaran bisa lebih matang lagi dan kita harapkan lebih baik dibanding tahun lalu," katanya.

Dengan demikian, Kementerian Perhubungan, Kepolisian, dan Pemerintah Daerah akan bersinergi supaya masyarakat lebih nyaman selama perjalanan mudik maupun balik.

Kemudian, prasarana perhubungan darat pada lebaran ini dinilai sudah memadai, yang merupakan hasil kinerja Kementerian PUPR. Hal ini juga mendukung kenyamanan lalu lintas nantinya.

Ia menambahkan, pihaknya akan memasang lebih banyak lagi rambu-rambu khususnya di sekitar titik rawan kecelakaan. Tidak hanya itu, pihaknya akan mengidentifikasi seluruh angkutan barang supaya tidak menangkut barang melebihi aturan dan memastikan bus umum dan pariwisata yang digunakan telah dipastikan laik.

"Singkat kata sinergitas Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri serta masyarakat harus tercipta supaya kebijakan yang telah dibuat bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya. [hid]

Komentar

x