Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 03:22 WIB

Menteri Siti: Lanjutkan Semangat Pahlawan Rimbawan

Rabu, 14 Maret 2018 | 21:50 WIB

Berita Terkait

Menteri Siti: Lanjutkan Semangat Pahlawan Rimbawan
(Foto: KLHK)

INILAHCOM, Bogor - Semangat dan tugas-tugas suci para pahlawan rimbawan, harus terus dilanjutkan, melalui inovasi dalam mewujudkan pola pengelolaan kehutanan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, dan sejalan dengan Nawa Cita.

Demikian pesan Menteri LHK, Siti Nurbaya, saat menghadiri Renungan Suci Rimbawan, memperingati Hari Bakti Rimbawan (HBR) ke -35, di Kampus Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Bogor, Rabu (14/3/2018).

"Tema 'Melalui Bakti Rimbawan,Kita Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat', mengamanatkan, agar para rimbawan lebih bekerja keras dalam pelaksanaan tugas mengelola sumber daya alam, sehingga kelestarian alam dan lingkungan hidup tetap terjaga, memberikan manfaatkepada masyarakat, untuk peningkatan kesejahteraan, dan dapat diwariskan kepada generasi mendatang," tutur Menteri Siti.

Menteri Siti juga berpesan, dalam pengabdiannya, rimbawan harus senantiasa menginternalisasi sembilan nilai dasar rimbawan, yaitu jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerjasama dan profesional.

"Saya selalu mengingat semangat lagu Seruan Rimba, yang perlu kita dengarkan dan maknai, bait per bait. Mulai dari bait pertama, mengajak kita melihat dengan murni, mengajak kita untuk gembira bekerja, menegaskan bahwa kekayaan alam Indonesia yang molek dan mulia, serta ditegaskan kita menghadapi kesulitan," pesannya.

Menteri Siti juga mengingatkan agar para rimbawan untuk bersatu dan bergotong royong, dan membela nusa dan bangsa, sebagaimana tercantum dalam teks Seruan Rimba.

Terakhir ia berharap agar para rimbawan meningkatkan profesionalitas, dan bersikap arif, dalam menyikapi kompleksitas masalah dan medan tugas di lapangan. "Niatkan bahwa tugas mulia yang kita lakukan adalah bentuk ibadah kita kepada Allah SWT, dan yakinlah bahwa setiap peluh keringat, tetesan darah, akan mendapat balasan pahala dari Allah SWT, Tuhan YME", lanjutnya.

Hadir melengkapi kegiatan ini, beberapa anggota keluarga dari para pahlawan rimbawan. Selama kurun waktu tahun 1972-2017, tercatat sebanyak 17 petugas yang telah gugur dalam menjalankan tugas di lapangan, khususnya saat melakukan survey.

Kepala BLI KLHK, Agus Justianto, menuturkan, kegiatan Renungan Suci ini, selain untuk mengenang jasa para pahlawan, juga sebagai pemacu semangat para rimbawan dalam bekerja, menciptakan inovasi-inovasi baru, serta dapat berkontribusi dalam pembangunan, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. [*]

Komentar

x