Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 18:11 WIB
 

PPATK Serahkan Data Calon Pejabat BI ke DPR

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 14 Maret 2018 | 20:49 WIB
PPATK Serahkan Data Calon Pejabat BI ke DPR
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - PPATK telah menyerahkan semua transaksi calon deputi dan gubernur Bank Indonesia kepada Komisi XI DPR.

Wakil Ketua PPATK, Dian Ediana Rae mengatakan data itu sebagai bahan test and propertest atau uji kepatuhan dan kelayakan. Pihaknya tidak menemukan adanya transaksi mencurigakan. Artinya transaksi para calon itu masih aman.

"Tentu ini tanpa menghalangi hak Komisi XI DPR untuk melanjutkan penelitian. Itu gambaran dari kami secara umum," kata Dian Ediana usai mengikuti rapat tertutup di Komisi Xi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Komisi XI DPR RI mengundang PPATK dan BIN untuk mengkonfirmasi data calon Deputi dan Gubernur Bank Indonesia (BI). Ini dilakukan untuk memastikan pimpinan BI kedepan bebas dari pelanggatan hukum dan berintegritas.

"Transaksinya tidak ada yang mencurigakan karena mereka itu incomenya masih dalam level wajar dan seimbang dengan pemasukannya," kata dia.

Adapun untuk calon Gubernur BI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya memberikan satu nama. Yakni Pery Warjiyo yang saat ini menjabat Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Sedangkan untuk calon Deputi Gubernur Bank Indinesia, Jokowi menyerahkan tiga nama. Tiga nama itu adalah Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat. Mereka akan mengikuti seleksi untuk menggantikan posisi Perry Warjiyo.

Komentar

 
x