Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 06:58 WIB

Fadli Zon Sindir Jokowi Soal Utang Asing (Lagi)

Oleh : M Fadil Djaelani | Kamis, 15 Maret 2018 | 05:09 WIB

Berita Terkait

Fadli Zon Sindir Jokowi Soal Utang Asing (Lagi)
Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon kembali menyindir pemerintah terkait utang negara yang kian menggunung.

Fadli bilang, utang yang terus menumpuk itu bukti tidak adanya kemandirian soal manajemen keuangan negara. Sehingga terus bergantung kepada pinjaman asing. "Utang itu kan menunjukkan ketidakmandirian," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Memang jika dilihat dari jumlah utang negara sampai saat ini nyaris menembus Rp4.000 triliun atau tepatnya Rp3.938,7 triliun atau 29,2% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Anak buah Prabowo ini lantas menyindir soal janji Presiden Jokowi yang mengusung Trisakti saat kampanye Pilpres 2014. "Padahal presiden mengusung Trisakti. Trisakti itu berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, berkepribadian secara kebudayaan. Nah utang itu kan membuat kita semakin kita tidak berdaulat secara politik maupun ekonomi," jelas dia.

Utang pemerintah juga akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Masa pelunasannya pun dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan. "Menurut saya tidak ada suatu efisiensi di situ, di sisi lain tidak mampu menggerakkan roda ekonomi, membuat kue ini menjadi semakin besar, hitungnya jangan GDP tapi GMP," katanya. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x