Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 15:07 WIB
Hightlight News

Menkominfo: Pusat Data Alibaba akan Dukung UMKM

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 16 Maret 2018 | 13:29 WIB

Solusi Data

Menkominfo: Pusat Data Alibaba akan Dukung UMKM
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai keberadaan pusat data pertama milik Alibaba di Indonesia akan membantu pelanggan di Indonesia dalam hal kecepatan akses data (low latency).

“Keberadaan data center ini bisa ikut membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan startup di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan bisnis,” ungkap Rudiantara saat meresmikan operasional Data Center Alibaba Cloud, di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Dengan data center tersebut akan mempermudah kalangan bisnis memenuhi kewajiban menyimpan dan mengolah data di dalam negeri. Apalagi Indonesia merupakan pasar luas bagi industri digital dan akan makin berkembang cepat dengan keberadaan layanan pusat data berbasis cloud.  

"Saya menyambut baik Alibaba Cloud yang menjadikan Alibaba pemimpin baru dalam pusat data di Indonesia," katanya seperti mengutip dari laman resmi Kementerian Kominfo.

Menteri Kominfo menilai keberadaan pusat data itu akan membantu pelanggan di Indonesia dalam hal kecepatan akses data (low latency) serta memenuhi kewajiban menyimpan dan mengolah data di dalam negeri.

Menteri Rudiantara menyatakan Indonesia sangat terbuka dengan kehadiran perusahaan komputasi awan dari luar negeri yang ingin mengoperasikan data center di Indonesia. Tentunya dengan mematuhi aturan yang berlaku serta melibatkan talenta-talenta lokal.

"Boleh saja datang dan berbisnis di Indonesia, tapi harus taat membayar pajak dan sebagainya. Jangan lupakan juga kemampuan generasi muda Indonesia yang lebih baik dari pendahulunya. Mereka juga harus dikedepankan," harapnya.

 

1

Komentar

x