Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 11:23 WIB
 

Inilah Beban Ekonomi Kuartal I Versi Darmin

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 19 Maret 2018 | 12:33 WIB
Inilah Beban Ekonomi Kuartal I Versi Darmin
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2018 ini akan lebih lambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tumbuh sebesar 5,01%.

"(Pertumbuhan ekonomi) melambat dibandingkan kuartal I tahun lalu," kata Darmin di Kantornya, Senin (19/3/2018).

Darmin menjelaskan, penyebab lambatnya pertumbuhan ekonomi ini karena sektor pertanian tumbuh lambat pada kuartal I 2018 ini, dikarenakan panen yang datang terlambat. "Pertanian melambat dibanding kuartal I tahun lalu, karena kuartal I tahun lalu panen itu terutama sudah mencapai puncak di Maret. Tahun ini, kayaknya April puncak," kata Darmin.

"Sehingga mungkin saja pertaniannya akan terlambat karena panennya justru keluarnya April puncak," tambah Darmin.

Namun tak hanya sektor pertanian yang mempengaruhi kutetnya pertumbuhan pada kuartal I 2018 ini, pertumbuhan kredit juga diprediksi melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Indikator lain kredit, pertumbuhan kredit memang belum pulih, sehingga mungkin kuartal I-2018 tidak bisa lebih tinggi dari tahun lalu pertumbuhannya," katanya.

Selain itu, seluruh sektor dalam PDB juga diprediksi melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Semuanya mungkin enggak lebih tinggi dari tahun lalu," Darmin mengakhiri. [hid]

Komentar

x