Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 15:08 WIB

Jelang Ramadhan, Janji Darmin Jaga Harga Beras

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 19 Maret 2018 | 14:45 WIB

Berita Terkait

Jelang Ramadhan, Janji Darmin Jaga Harga Beras
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution mengaku akan mengencangkan ikat pinggang guna menjaga harga pangan menjelang Bulan Puasa.

Darmin bertekad all out untuk menjaga stabilnya harga komoditas pangan, agar masyarakat tak resah. "Kita sekarang ini harus all-out untuk turunkan (harga beras), harusnya sebelum puasa," kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Mantan Gubernur BI ini menegaskan bahwa pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar harga beras tidak naik menjelang masuknya Bulan Ramadhan. Seperti tahun sebelumnya.

Dia mengungkapkan, salah satu tindakan untuk menekan harga beras agar tidak terlalu tinggi adalah operasi pasar (OP). "Kita akan mengambil langkah-langkah satu-dua minggu ini agar harganya stabil," katanya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS), menyatakan, rata-rata harga harga beras semua kualitas pada Februari 2018 di tingkat penggilingan mengalami peningkatan.

Untuk beras premium, harganya naik 0,31%, kualias medium naik 0,37%, dan kualitas rendah naik 1,99%. Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional saat ini, menyebutkan, harga beras medium rata-rata di atas Rp11.00 per kilogram. Padahal, Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium ditetapkan di kisaran Rp9.450- Rp10.250 per kilogram. [ipe]

Komentar

x