Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 06:53 WIB
 

Pemerintah akan Perluas Bantuan Pangan Nontunai

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 20 Maret 2018 | 16:09 WIB
Pemerintah akan Perluas Bantuan Pangan Nontunai
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah akan memperluas jangkauan bantuan sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT. Perluasan ini didasari atas keberhasilan penyaluran BNPT pada periode Januari-Februari 2018 yang mencapai 86%.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, BNPT yang sudah disalurkan hingga 86% tersebut dinikmati oleh 1,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM), dengan angka kepuasan penerima mencapai 90%.

"Jadi dengan hasil itu kami sedang mempertimbangkan perluasan BPNT ke depan yang di tambah 24 kabupaten-kota," kata Puan dalam rapat koordinasi di Kantornya, Selasa (20/3/2018).

Anak kandung dari Mantan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri ini menambahkanuntuk BPNT saat ini, KPM hanya akan menerima dalam bentuk beras dan telur saja. Mengingat kedua komoditas pangan tersebut yang memiliki peran sangat penting untuk perbaikan gizi masyarakat.

"Kalau dulu ada gula dan minyak sekarang tidak. Kita mempertimbangkan masalah gizi. Jadi beras yang menjadi bahan makanan pokok. Telor juga protein, jadi itu yang bisa kita lakukan," katanya.

Untuk target KPM peneriman BPNT pada 2018, pemerintah menargetkan sebanyak 10 juta KPM, di mana pada Maret ini bisa terealisasi hingga dua juta KPM. "Namun kotanya siap gak, Bank Himbaranya siap gak. Kita harus samakan persepsi dulu tapi harus melihat kesiapan daerah juga," ujarnya. [hid]

Komentar

x