Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 04:16 WIB
 

Ini Syarat Bulog Lepas Beras Impor

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 20 Maret 2018 | 17:17 WIB
Ini Syarat Bulog Lepas Beras Impor
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat ekonomi dari INDEF, Bustanul Arifin mengatakan apabila pemerintah ingin melepaskan beras impor harus dibarengi dengan data.

Artinya data harga beras di pasar memang mahal. "Asal memang terbukti beras makin langka dan musim panen raya belum ada, baru panen biasa. Yang saya khawatirkan justru impor beras pada panen raya," kata Bustanul di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Bustanul menanggapi permintaan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution terhadap Bulog untuk melepas beras impor yang masih menumpuk di gudang. Menurut dia, hal itu untuk menstabilkan harga beras di pasar. "Engga apa-apa, dari pada harga liar,"

Darmin awal pekan ini resah dengan kenaikan harga beras yang berpotensi memicu laju inflasi. Padahal Bulog sudah melakukan impor beras unutuk mengatasi pasokan nasional.

Dia berharap, harga beras bisa kembali turun ke harga normal (Rp13.000 per kilogram) sebelum bulan puasa tiba. Maka distribusi stok beras impor harus segera dilakukan.

Dia juga mengatakan impor beras yang dilakukan pemerintah tersebut memang ditujukan untuk memenuhi cadangan beras nasional. Dengan demikian distribusi beras tersebut perlu segera dilakukan, mengingat masa panen raya dia perkirakan akan mengalami keterlambatan, atau baru jatuh pada April 2018.

Dia menuturkan, penggelontoran beras impor tersebut saat ini sudah sangat mungkin untuk dilakukan, serta tidak perlu lagi dipikirkan berapa jumlah beras yang perlu dikeluarkan. Karena beras impor harus segera digelontorkan hingga harga beras dapat kembali ke normal.

Komentar

 
x