Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 13:01 WIB

Cegah Skimming

Bos OJK Tuntut Perbankan Segera Beralih ke Chip

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Jumat, 23 Maret 2018 | 02:20 WIB
Bos OJK Tuntut Perbankan Segera Beralih ke Chip
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso - (Foto: inilahcom/Fadil Dj)

INILAHCOM, Jakarta - Kasus pembobolan dana nasabah lewat metode penggandaan data/skimmng di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), membuat Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menuntut para pelaku industri perbankan segera memperbaiki sistem keamanan mereka dengan menggunakan teknologi chip di masing-masing kartu ATM yang mereka keluarkan.

"Karena kartu chip bisa mengatasi risikoskimming," kata Wimboh di Kantornya, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Tuntutan Wimboh kepada pihak perbankan dirasa wajar, lantaran saat ini kasus pembobolan data nasabah lewat metode skimming sedang marak dilakukan, di Indonesia sendiri beberapa waktu lalu puluhan nasabah Bank BRI di Kediri kehilangan uang miliaran rupiah, diduga korban skimming.

"Kami imbau bank-bank untuk mempercepat kartunya dengan kartu chip," himbau Wimboh.

Ia mengakui batas migrasi dari teknologi pita magnetik ke teknologi chip bagi perbankan adalah pada tahun 2020, namun tidak ada salahnya penggunaan teknologi yang lebih modern dilakukan lebih cepat.

"Meski batas waktu bank mengganti dengan chip masih lama, tapi semua bank, kami imbau untuk mempercepat itu," kata Wimboh.

Wimboh memastikan, percepatan penggunaan teknologi baru ini juga tergantung dengan kesiapan masing-masing perbankan dalam melaksanakan implementasi kebijakan tersebut. "Masing-masing bank punya kondisi berbeda, karena ada bank yang agresif, ada yang belum," ujarnya. [jin]

Komentar

Embed Widget

x