Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 11:39 WIB
 

Darmin Enggan Tanggapi Perang Dagang AS-China

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 23 Maret 2018 | 19:31 WIB
Darmin Enggan Tanggapi Perang Dagang AS-China
Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution enggan menanggapi perang dagang yang terjadi antara negara Amerika Serikat (AS) dan China.

Perang tersebut dipicu AS yang memutuskan untuk mengenakan tarif impor sebesar US$50-60 miliar untuk sejumlah produk China yang masuk ke Amerika. "Kenapa jadi pusing? Biar saja dia perang dagang. Itu adalah kelanjutan kebijakan yang lalu," kata Darmin di Kantornya, Jumat (23/3/2018).

Ketika ditanya dampaknya terhadap ekonomi nasional, Darmin juga bilang tidak begitu terpengaruh dengan kondisi tersebut. Bahkan dia menyebut dampak dari perang dagang tersebut bisa saja positif ke Indonesia.

"Jadi kita imbasnya nggak selalu negatif. Bisa saja ada positifnya, di satu pihak dilihat dari kepentingan pemakai atau konsumen mungkin dapat barang lebih murah tapi dari kepentingan produsen dapat saingan yang menyusahkan," kata mantan Dirjen Pajak era Presiden SBY ini.

"Positifnya, kalau barang-barang yang tadinya dijual ke sana di bawa ke sini dengan harga yang lebih rendah pemakai kita dampak positif, tapi pengusaha yang menghasilkan barang yang sama mendapat saingan yang lebih ketat," tambahnya. [hid]

Komentar

 
x