Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 04:13 WIB
 

Jelang Puasa dan Lebaran

Enggar Ngaku Punya Jurus Jaga Harga Bapok

Oleh : - | Sabtu, 24 Maret 2018 | 10:12 WIB
Enggar Ngaku Punya Jurus Jaga Harga Bapok
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, mengklaim sudah punya strategi menjinakkan harga bahan pokok (bapok) yang biasanya liar, menjelang Bulan Ramadhan hingga Lebaran.

Kata Enggar, sapaan Enggartiasto itu, strateginya merangkul pemerintah daerah. "Diharapkan stok bapok cukup dan harga stabil sehingga dapat menjaga tingkat inflasi sesuai target sebesar 3,5 persen, kata Enggar di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Enggar menjelaskan empat langkah strategis yang telah disiapkan dalam menyambut HBKN ini. Beberapa di antaranya adalah penatalaksanaan, yakni melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Daerah, instansi terkait, dan pelaku usaha, fasilitasi dengan BUMN dan pelaku usaha, serta penugasan kepada Perum Bulog.

Selain itu, kata politisi Nasdem ini, penetrasi pasar ke pasar rakyat dan ritel modern. Kemendag akan melakukan penetrasi pasar menjelang puasa pada 1-15 April 2018 atau (H-45)-(H-30) puasa serta menjelang Lebaran pada 14 Mei-18 Juni 2018 atau pada (H-31)-(H-7) Lebaran.

Kemudian, melalui Penerbitan Permendag terkait, yaitu pendaftaran pelaku usaha bahan pokok, harga acuan dan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras, penataan dan pembinaan gudang, serta perdagangan antarpulau.

"Kami akan terus memperkuat regulasi perdagangan. Kami juga memastikan seluruh Permendag ini diimplementasikan dengan baik dan benar oleh para pelaku usaha," kata Enggar yang mantan politisi Golkar itu.

Pemerintah juga menekankan bahwa ketentuan HET untuk tiga komoditas bapok masih berlaku, yaitu kebijakan HET gula Rp12.500/kg, daging beku Rp80.000/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000/liter, dan minyak goreng curah Rp10.500/liter. [tar]

Komentar

 
x