Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:11 WIB

Sebentar Lagi, Daftar CV & Firma Bisa Lewat Online

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 26 Maret 2018 | 14:00 WIB
Sebentar Lagi, Daftar CV & Firma Bisa Lewat Online
Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah tengan menyusun regulasi pengintegrasian sistem pendaftaran CV (Comanditaire Venootschap) dan Firma via daring alias online.

Hal tersebut dijelaskan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga usai rapat koordinasi bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, di Kantor Kemenko Ekonomi, Jakarta, Senin (26/3/2018). "Jadi melalui OSS (Online Single Submission) itu. Perizinan satu pintu supaya birokrasi lebih cepat. Tidak bertele-tele," kata Puspayoga.

Dia bilang, pengurusan izin melalui Administrasi Hukum Umum (AHU) online di Kementerian Hukum dan HAM tidak menghilangkan wewenang Kementerian Koperasi dan UKM.

"Pengesahan hukumnya saja, yang lain tetap di Kementerian kami. Misalnya pembinaan dan yang lain-lain semuanya masih. Tapi pengesahan di sana. Di bawah tetap bekerja, seperti dinas kabupaten, kota, provinsi tetap kerja sama dengan notaris," paparnya.

Puspayoga menambahkan, penerapan sistem ini masih terus dimatangkan oleh pemerintah. Sehingga, dapat diterapkan dalam sistem perizinan terintegrasi secara online (OSS) yang akan diluncurkan pada April mendatang.[ipe]

Komentar

x