Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:04 WIB

Tax Holiday Diperpanjang, PMK-nya Dibongkar

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 30 Maret 2018 | 01:29 WIB

Berita Terkait

Tax Holiday Diperpanjang, PMK-nya Dibongkar
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Keuangan berencana merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 159/PMK.010/2015 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan PPh Badan atau tax holiday.

Dalam beleid tax holiday yang akan dikocok ulang itu, Kemenkeu bakal memperpanjang fasilitas penerima tax holiday hingga 20 tahun. "Dengan peraturan yang baru kalau investasinya di atas Rp30 triliun bisa dapatkan tax holiday 20 tahun," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara saat ditemui di Kantor Kemenko Ekonomi, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Adapun dalam beleid yang baru, bentuk fasilitas tax holiday yang diberikan pemerintah, diubah menjadi pengurangan PPh dengan maksimal 100% dari PPh yang terutang selama periode 5-15 tahun.

"Kalau sekarang didalam PMKnya kita akan tuliskan eksplisit nilai investasnya sekian, holidaynya sekian tahun. Untuk yang dapat 20 tahun adalah investasi yang di atas Rp30 triliun, investasi yang di atas Rp30 triliun mendapatkan holiday 20 tahun yakni bebas 100% dari membayar pajak penghasilan (PPh) badan," papar Suahasil.

Sementara untuk sektor yang bakal mendapatkan fasilitas istimewa ini tak hanya mereka yang bermain dalam bisnis kilang, sektor industri lain juga bisa mendapatkan fasilitas ini.

"Emang sektornya banyak bukan hanya kilang, kayak industri yang sangat hulu, industri kimia dasar, hulu tuh artinya outputnya dia itu nanti akan digunakan oleh industri hilirnya," kata Suahasil.

"Jadi misalkan yang industri hilirnya mau bikin meja, ini industri hulunnya apa aja tuh, banyak tuh dari yang nanti memproduksi plastiknya, pernisnya, pakunya besi bajanya. Jadi industri2 hulunya kita kasih tax holiday supaya struktur biayanya dia itu lebih rendah, nanti dia men-charge harganya juga lebih rendah, lebih murah lalu industri hilirnya akan mendapatkan manfaat dr tax holiday yang di hulu," papar Suahasil.

Berikut layer wacana revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 159/PMK.010/2015 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) Badan atau yang dikenal dengan tax holiday.

1. Investasi Rp5 miliar-Rp1 triliun mendapatkan 5 tahun tax holiday.
2. Investasi Rp1 triliun - Rp5 triliun mendapatkan 7 tahun tax holiday.
3. Investasi Rp5 triliun-Rp15 triliun mendapatkan tax holiday 10 tahun.
4. Investasi Rp15 triliun-Rp30 triliun mendapatkan tax holiday 15 tahun.
5. Investasi di atas Rp30 triliun mendapatkan tax holiday 20 tahun.

Komentar

x