Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:34 WIB

Jelang Lebaran

Pemerintah Diminta Aktifkan Satgas Pangan

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 30 Maret 2018 | 14:01 WIB
Pemerintah Diminta Aktifkan Satgas Pangan
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri, pemerintah diminta kembali mengaktifkan satgas pangan. Ini dilakukan agar harga sembako di pasar dapat tetap terjaga alias tidak mengalami kenaikan.

"Mulai diaktifkan lagi misalnya satgas pagan, dioptimalkan kerjanya, sudah mulai ke pasar induk, jangan samapai ada penimbunan, atau spekulan," kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara, Jumat (30/3/2018).

Menurut dia, melalui satgas pangan pemerintah dapat mengendalikan pasokan sembako di pasar. Sehingga tidak terjadi penumpukan atau kelangkaan sembako di suatu daerah.

"Karena ini krusial kalau jelang lebaran biasanya inflasi pangan tinggi. Jadi memang harus dikendalikan, pasokannya dijaga," ujar dia.

Selain itu, pemerintah juga harus memastikan stok beras di Bulog aman sampai lebaran. "Karena kalau harga sembako pada lebaran ini bisa dijaga itu pemerintah masih punya nafas untuk beberapa bulan kedepan, karena paling krusial lebaran," ujar dia.

Diketahui harga beras belakangan ini mengalami penurunan. Seperti di pasar induk beras Cipinang. Setiap jenis beras mengalami penurunan Rp800-900 per kg.

Demikian juga untuk harga telor dan bawang putih. Seperi di pasar Bintaro. Dua barang ini mengalami penurunan Rp2000 setiap kg. [jin]

Komentar

x