Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 08:23 WIB
 

Djoni Rosadi, Pengusaha Tambang Peduli Al-Qur'an

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 30 Maret 2018 | 20:21 WIB
Djoni Rosadi, Pengusaha Tambang Peduli Al-Qur'an
Djoni Rosadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah lama malang melintang di bisnis pertambangan (nikel), Djoni Rosadi, pengusaha asal Kota Bandung, Jawa Barat ini memilih untuk menghibahkan sisa hidupnya untuk membangun kehidupan ummat.

Bersama beberapa sahabat, Djoni yang juga pemilik PT Dharma Rosadi Internasional (DRI), menginisiasi dan mensupport pengembangan beberapa yayasan pendidikan Islam dan penerbitan Al Qur'an yang berpusat di Kota Bandung.

Salah satu yayasan pendidikan yang sedang digarap saat ini adalah Yayasan Nur Qur'an Indonesia. Yayasan ini merintis lahirnya institusi pendidikan yang diberi nama 'Buah Hati Islamic School'. Institusi ini mengakomodasi seluruh jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Menurut Djoni, gagasan besar ini lahir dari sebuah keprihatinan terhadap realitas pendidikan Islam di tanah air yang dinilai telah kehilangan "Spirit of Inguiry", yaitu hilangnya semangat membaca dan meneliti yang dulu menjadi supremasi utama di dunia pendidikan Islam pada zaman klasik dan pertengahan.

"Cita-cita besar kita, institusi ini menjadi pusat pembelajaran bertaraf international dibidang IPTEK berbasis moral spiritual, sehingga mampu melahirkan pemimpin berkarakter, sholeh dan berprestasi," kata Djoni di Jakarta, Jumat (30/3/2018).

Selain institusi pendidikan, Djoni mensupport PT Cordoba Internasional Indonesia, sebuah perusahaan penerbit Al Qur'an terkemuka di Indonesia yang berbasis di Kota Bandung. Nama Cordoba terinspirasi dari kemegahan arsitektur Masjid Cordoba di Spanyol.

Cordoba menyediakan konten produk Al-Quran yang paling mutakhir. Saat ini, distribusinya tidak hanya di dalam negeri, bahkan sudah merambah sejumlah negara. "Sejak awal berdirinya, misi Qur'an Cordoba ini adalah menyusun mushaf Al-Quran yang terbaik dengan konten yang shahih serta kemasan yang mudah dan menyenangkan untuk membaca, memahami, dan mengamalkan kandungan Al-Quran bagi seluruh jenjang usia," urainya.

Selain kualitas tampilannya yang menarik, Al Qur'an Cordoba memiliki beberapa produk pilihan, seperti Qur'an untuk hafalan. Terdiri dari hafalan mudah (Mushaf Tahfiz), hafalan cepat (Al Hafidz), Al Qur'an Tajwid, serta Al-Qur'an lainnya.

Menurut Djoni, gagasan penerbitan Al-Quran ini dilatari rasa keprihatinan terhadap kondisi ummat Islam di tanah air. Saat ini, terjadi ketimpangan yang besar antara kebutuhan ketersediaan Al Quran dibandingkan dengan jumlah penduduk Islam yang sangat besar di Indonesia. Akibatnya, banyak ummat Islam menjadi buta huruf Al Quran.

"Realitas ini mengundang keprihatinan kami untuk mengambil peran meringankan tugas pemerintah. Semoga dengan kegiatan penerbitan dan pendistribusian Al Quran ini bisa membantu mempermudah ummat Islam belajar Al Quran," tandasnya. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x