Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 02:39 WIB

Janji Infrastruktur dan Tarif Tol di Tahun Politik

Sabtu, 31 Maret 2018 | 14:20 WIB

Berita Terkait

Janji Infrastruktur dan Tarif Tol di Tahun Politik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom/Fadil Dj)

INILAHCOM, Sragen - Era Joko Widodo, pembangunan infrastruktur, seperti bandar udara dan pelabuhan laut, cukup agresif. Karena, pemerintah tak ingin hubungan antardaerah terputus.

"Pembangunan bandara di Miangas Indonesia bagian utara dan di Rote di Indonesia bagian selatan merupakan bukti bahwa konektivitas antardaerah harus terwujud," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (31/3/2018).

Budi yang didampingi Menteri Sosial Idrus Marham, Direktur Keuangan PT PLN (Persero) Sarwono Sudarto, menyapa warga Sragen.

Pemerintah, kata dia, setidaknya sudah membangun 15 bandara di berbagai daerah dalam upaya meningkatkan konektivitas yang pada akhirnya masyarakat mudah melakukan perjalanan.Pembangunan infrastruktur juga dilakukan di daerah terluar yang berbatasan dengan negara asing.

Dikatakan, pembangunan Bandara Miangas, Sulawesi Utara, misalnya merupakan komitmen pemerintah untuk membuka akses wilayah itu agar masyarakat setempat bisa berdagang dan mudah bepergian.

"Pulau Miangas menjadi pulau terluar dan terdepan sehingga perlu dibangun aksesnya untuk mendistribusikan logistik," kata Budi.

Pembangunan infrastriktur, kata Menhub, juga mencakup pembangunan tol, khususnya di Pulau Jawa, sehingga memudahkan konektivitas antarmasyarakat.

Pembangunan tol, katanya, untuk di Pulau Jawa dalam beberapa tahun terakhir terus digenjot dan terakhir diresmikan Presiden RI Joko Wudodo, Kamis (29-3-2018), ruas Ngawi-Kertosono (Klitik-Wilangan) sepanjang 52 kilometer yang melintasi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Ngawi, Madiun, dan Nganjuk hingga siap dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan transportasi masyarakat.

Presiden Jokowi menargetkan, akhir 2018, dari Merak sampai dengan Pasuruan sudah tersambung. Akhir 2019, dari Merak hingga Banyuwangi sudah tersambung.Terkait dengan adanya informasi Presiden Jokowi menginginkan agar tarif tol jangan terlalu mahal dan bisa diturunkan, ditegaskan Budi: "Itu bukan hoaks." [tar]

Komentar

x