Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 April 2018 | 17:57 WIB
 

Demi SDM Pariwisata, Dubes Swiss Ini Tancap Gas

Oleh : - | Senin, 2 April 2018 | 04:09 WIB
Demi SDM Pariwisata, Dubes Swiss Ini Tancap Gas
Dubes RI untuk Swiss Muliaman D Hadad bersama Heinz Burki, President Director International Hotel Management Institute (IMI) menjajagi perluasan kerjasama pendidikan vokasi sektor pariwisata. - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Swiss - Sehari tiba di Swiss, Dubes RI untuk Swiss merangkap Liechtenstein, Muliaman D Hadad langsung bekerja. Dirinya bertemu Heinz Burki, Presiden Director Intenational Hotel Management Institute (IMI).

Dalam rilis kepada media, Minggu (1/3/2018), Muliaman yang mantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengatakan, pertemuan ini guna menjajaki perluasan kerja sama pendidikan vokasi sektor perhotelan dan manajemen pariwisata. Untuk memperkuat kerja sama dalam membangun SDM sektor periwisata, seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata baru. Artinya, perlu sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Agar sektor ini bisa efektif dalam menumbuhkan perekonomian, khususnya meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia," papar Muliaman.

Sekedar mengingatkan, IMI merupakan pusat pelatihan perhotelan dan pariwisata yang sangat kondang di Swiss. Saat ini, IMI sudah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas dan politeknik di Indonesia. Banyak mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di IMI. Untuk mempertebal pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan di bidang perhotelan dan pariwisata.

"Kerja sama ini perlu lebih dikuatkan dan direalisasikan. Karena, kita butuh SDM demi mengembangkan program pariwisata di tanah air. Khususnya terkait 10 destinasi wisata unggulan kita," kata Muliaman.

Ya, Muliaman benar. Saat ini, pemerintah telah menetapkan pengembangan 10 destinasi wisata baru. Mulai wisata di Pulau Morotai hingga Danau Toba.

Selain itu, lanjutnya, IMI ingin mendirikan pusat pendidikan di Lombok. Guna mendorong pengembangan wisata di Lombok Selatan. Selain itu, kerja sama dengan politeknik di Palembang untuk pengembangan pariwisata di Sumatera Selatan. "Tidak tertutup kemungkinan kerjasama diperluas dengan berbagai lembaga pendidikan lain di Indonesia," tutur Muliaman. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x