Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 14:16 WIB

Demi Pemerataan Ekonomi, Jabar Selatan Berbenah

Sabtu, 7 April 2018 | 03:39 WIB

Berita Terkait

Demi Pemerataan Ekonomi, Jabar Selatan Berbenah
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Jaenudin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sukabumi - Pembangunan di wilayah Jawa Barat selatan, gencar dilakukan pemerintah pusat, melalui berbagai progam yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Percepatan pemerataan ekonomi.

"Perhatian Presiden RI Jokowi terhadap Jabar selatan harus diapresiasi, karena selama ini wilayah selatan jarang tersentuh pembangunan. Padahal potensinya khususnya di Kabupaten Sukabumi seperti sektor pariwisata, perikanan, pertanian dan lain-lain cukup besar," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Jaenudin di Sukabumi, Jumat (6/4/2018).

Kata Jaenudin, pembangunan selatan Jabar ini, bisa mengatasi masalah ketimpangan ekonomi dan pembangunan dengan wilayah utara Jabar. Perhatian pemerintah pusat saat ini untuk membangun akses transportasi yang menghubungkan antar kabupaten di selatan Jabar tersebut pastinya akan berimbas positif.

Bahkan konsep yang dicanangkan Presiden Jokowi membangun konektivitas akses transportasi seperti membangun jalan raya hingga tol di selatan Jabar ini khususnya di Sukabumi dipastikan pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat.

Selama ini, permasalahan untuk warga yang tinggal di selatan adalah masalah infrastruktur jalan, sehingga dengan progam pemerintah dalam membangun selatan Jabar ini bisa mengatasi berbagai permasalah mulai dari ekonomi, kesejahteraan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Lanjut dia, apalagi wilayah selatan Kabupaten Sukabumi mempunyai objek wisata baru yakni Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP), dengan ketersediaan akses jalan dipastikan akan mempermudah wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke lokasi wisata tersebut.

Apalagi percepatan pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan berencana membangun bandar udara (bandara) di Sukabumi pastinya akan terjadi konektivitas akses jalan antara utara dan selatan Jabar.

"Dengan progam pembangunan selatan Jabar oleh pemerintah pusat ini ketimpangan khususnya masalah ekonomi antara selatan dan utara akan teratasi sehingga terjadi pemerataan," tambahnya.

Jaenudin mengatakan, pihaknya tentunya berkoordinasi dengan Pemkab Sukabumi pastinya akan terus mendukung progam tersebut agar segera terwujud.

Sebelumnya, Budi mengatakan, selama ini wilayah selatan Jabar memang selalu terabaikan. Dengan pencananganan pembangunan selatan Jabar oleh Presiden RI Jokowi dengan tiga prioritas pembangunan seperti percepatan pembangunan jalan Tol Bocimi, jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi hingga Bandara mampu meningkatkan pemanfaatan potensi di wilayah selatan. [tar]

Komentar

x