Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 09:07 WIB
 

Mantan Mendag SBY Ingatkan Jokowi Ekonomi AS

Oleh : - | Sabtu, 7 April 2018 | 14:09 WIB
Mantan Mendag SBY Ingatkan Jokowi Ekonomi AS
Mantan Menteri Perdagangan era SBY, Mari Elka Pangestu - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menteri Perdagangan era SBY, Mari Elka Pangestu, mengingatkan ketidakpastian eksternal berpotensi memengaruhi perekonomian nasional.

"Meningkat ketidakpastiannya, bukan karena perang dagang tetapi juga karena the Fed kelihatannya akan lebih cepat meningkatkan tingkat suku bunga sehingga rupiah akan mengalami pelemahan," kata Mari usai seminar The Economist di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Mari yang juga mantan menteri pariwisata itu, menegaskan, ancaman dari Amerika Serikat (AS) terkait perang dagang global, tidaklah main-main. Kekhawatiran bisa menganggu iklim perdagangan dan ekspor Indonesia yang setahun ini terlihat membaik.

Kekhawatiran perang dagang antara AS dan China, kata dia, muncul setelah Presiden Donald Trump menerapkan tarif untuk impor baja sebesar 25% dan produk aluminium 10%. "Selama setahun terakhir perdagangan dan ekspor membaik, ini (perang dagang) bisa menganggu," ucap Mari.

Menghadapi berbagai ketidakpastian eksternal itu, Mari berpendapat, Indonesia perlu merangsang permintaan dari dalam negeri. "Kita beruntung masih punya pasar dalam negeri yang besar," kata Mari.

Upaya mendorong permintaan dalam negeri oleh pemerintah dapat dilakukan melalui belanja negara yang membantu lapisan masyarakat paling bawah, misalnya melalui program padat karya dana desa dan program keluarga harapan.

Selain mendorong permintaan dalam negeri, perlu pula memperhatikan mengenai kepercayaan konsumen melalui penyelesaian permasalahan isu-isu mengenai pajak dan ketidakpastian regulasi. [tar]

Komentar

x