Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 11:45 WIB
 

Apa Resep Jokowi Naikkan Daya Beli Rakyat?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 8 April 2018 | 07:43 WIB
Apa Resep Jokowi Naikkan Daya Beli Rakyat?
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Sukabumi - Presiden Joko Widodo berharap semakin banyak Kementerian yang juga menggunakan pola padat karya tunai.

"Kita harap dengan semakin banyak Kementerian yang menggunakan pola padat karya tunai ini daya beli masyarakat naik, jadi konsumsi naik sehingga peredaran uang naik," ujar Jokowi saat meninjau program padat karya pembangunan jalur ganda kereta api (KA) Bogor-Sukabumi pada Segmen I untuk lintas Cigombong- Cicurug di Desa Tenjoayu, Sukabumi pada Sabtu (7/4/2018).

Dalam peninjauannya Jokowi mengatakan masyarakat harus diikutsertakan dalam pengerjaan setiap proyek. "Kita ingin masyarakat ikut bekerja dalam mengerjakan setiap proyek yang ada di daerah seperti di Kementerian Perhubungan dalam membuat rel ganda dari Bogor ke Sukabumi masyarakat juga dilibatkan," jelas Jokowi seperti mengutip dari laman resmi Kemenhub.

Lebih lanjut Jokowi juga menjelaskan program padat karya ini sudah dijalankan sejak Januari 2018. "Jadi gini program padat karya ini kan sudah dijalankan sejak Januari dan memang banyak didahului dari Kementerian PUPR kemudian Kemendes dan tadi kita melihat yang dikerjakan oleh Kemenhub," papar Jokowi.

Pada kesempatan sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa program padat karya ini merupakan bagian dari pembangunan jalur ganda KA lintas Bogor-Sukabumi segmen Cigombong-Cicurug. Total biaya yang untuk program padat karya ini sebesar Rp13 miliar yang dilaksanakan dari bulan Maret dan diperkirakan selesai pada bulan November.

"Sedangkan pekerjaan program padat karya diantaranya meliputi pembersihan lahan, jalan akses, jembatan sementara, galian, perataan tanah, mengecer balas, mengecer bantalan, mengecer rel dan galian saluran," jelas Menhub Budi.

Dalam kunjungannya, selain melihat progres pengerjaan proyek, Jokowi juga menyempatkan menyapa dan berbincang dengan para pekerja disekitar pembangunan jalur ganda KA tersebut.

Komentar

 
x