Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 08:40 WIB
 

Indef Rumuskan Syarat Ekonomi RI Terbesar Keempat

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 8 April 2018 | 16:29 WIB
Indef Rumuskan Syarat Ekonomi RI Terbesar Keempat
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan ramalah Ekonomi Indonesia tahun 2030 menduduki peringkat empat atau lima dunia belum realistis.

"Dasarnya adalah pertumbuhan ekonomi harus di atas tujuh persen atau 10 persen. Tapi kan tidak realistis, sekarang saja di tiga tahun terakhir tumbuhnya 5 persen," kata Bhima pada INILAHCOM, Minggu (8/4/2018).

Menurut Bhima, boleh-boleh saja orang membuat prediksi mengenai ekonomi. Namun semua itu, kata dia, harus dilihat dari semua aspek.

"Harus dengan dasar yang sangat riil dan bisa dipertanggungjawabkan. Ya, kan nggak mungkin Indonesia bisa tumbuh di atas 10 persen sampai 2030 kalau kondisi seperti ini. Tantangan globlal cukup besar lah, ada perang dagang. Nah, faktor-faktor hambatan itu harus dimasukan," kata dia.

Kemudian, kata dia, harus lihat juga mengenai industri manufaktur yang belakangan terus menurun porsinya terhadap PDB. "Sekarang dibawah 21 persen porsinya, jadi tahun 2021 masih diatas 25 persen terhadap PDB turun terus, ini kan menunjukan mengalami deindustrialisasi yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi kurang berkualias, ya," kata dia.

Bukan hanya itu, faktor lain seperti ketimpangan juga bisa menurunkan kualitas pertumbuhan ekonomi kedepannya. "Jadi banyak faktor-faktor yang bisa menjadi masukan, sehingga kalau buat forcasting itu engga ngawur, tapi sesuai dengan realita. Indikator-indikator menjadi jelas," ujar dia.

"Bisa saja saya buat forcasting pertumbuhan ekonomi 12 persen akan keluar dari inkampret tahun 2030 misalkan, atau tahun 2025, tapi itu kan engga realistis. Boleh menjadikan hal itu menjadi optimis, tapi disisi lain engga boleh begitu. Disisi lain kita butuhkan gambaran yang lebih realistis gambaran ekonomi kita dimasa depan, jadi ya itu banyak fungsinya membuat proyeksi itu," kata dia melanjutkan. [hid]

Tags

Komentar

Embed Widget

x