Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:02 WIB

Ini Dilema Pertamina Jual BBM Nonsubsidi

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 10 April 2018 | 19:57 WIB

Berita Terkait

Ini Dilema Pertamina Jual BBM Nonsubsidi
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina dalam menentukan harga BBM nonsubsidi menyesuaikan dengan perubahan harga minyak dunia.

"Pasti (bisnis kami akan terganggu) dengan keputusan kenaikan harga BBM harus seizin pemerintah," kata Direktur Pemasaran PT Pertamina, Muchamad Iskandar di kompleks DPR, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Dengan begitu, Pertamina kata dia, belum bisa menanggapi lebih jauh mengenai kebijakan itu. Karena hal itu memerlukan kajian mendalam, khususnya yang berkaitan dengan strategi pemasaran.

Pertamina juga harus menanggapinya berdasarkan keputusan seluruh pemegang saham, sehingga respon baru dapat diberikan setelah melakukan rapat umum pemegam saham (RUPS). "Kami (sementara) respon postif dulu deh," ujar dia.

Menurut dia, harga jual BBM nonpenugasan didasarkan pada harga minyak dunia. Contohnya, saat ini harga Pertalite dengan acuan harga minyak dunia, harusnya Rp8100 per liter. Sementara harga di pasaran saat ini baru Rp7.800 sehingga harga jual belum sama dengan harga keekonomian.

"Yang jelas saat ini seperti pertalite kami jual rugi. Keekonomiannya sekitar Rp8.000 an kurang Rp200 lagi. Jadi butuh kenaikan Rp200 lebih dikit lah, Rp280," kata dia. [hid]

Komentar

x