Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 10:34 WIB
 

ADB Sebut Investasi dan Konsumsi Antar PDB ke 5,3%

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 11 April 2018 | 11:40 WIB
ADB Sebut Investasi dan Konsumsi Antar PDB ke 5,3%
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Asian Development Bank (ADB) memproyeksikan, pada tahun ini dan 2019 angka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,3%. Angka tersebut cerminan dari laju investasi dan perbaikan tingkat konsumsi rumah tangga.

"Manajemen makroekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi," kata Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia, Winfried Wicklein saat memaparkan Asian Development Outlook (ADO) 2018 di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Dia menambahkan, petumbuhan investasi dan konsumsi masyarakat di 2018 dan 2019 ditopang oleh berlanjutnya upaya reformasi, sehingga Indonesia bisa mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dan inklusif.

Wicklein mengungkapkan, ADO menggarisbawahi bahwa penguatan investasi telah meningkatkan mutu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, pengeluaran modal yang lebih tinggi dari pemerintah juga membantu mengatasi kesenjangan infrastruktur.

Lebih lanjut dia memperkirakan, laju investasi akan terus meningkat yang didorong oleh sentimen bisnis positif, akibat adanya kebijakan reformasi struktural dan percepatan sejumlah proyek strategis nasional..

Wicklein menyebutkan, pada 2017, perekonomian indonesia bertumbuh 5,1 persen yang didorong oleh peningkatan ekspor, penguatan investasi dan konsumsi rumah tangga.

"Hal ini didukung oleh inflasi yang rendah dan pertumbuhan lapangan kerja yang solid, termasuk kontribusi sekitar 1,5 juta pekerjaan baru dari sektor manufaktur," paparnya. [hid]

Komentar

 
x