Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 15:02 WIB

ADB Ingatkan Era Digital Tingkatkan Pengangguran

Oleh : M Fadil Djaelani | Rabu, 11 April 2018 | 16:36 WIB

Berita Terkait

ADB Ingatkan Era Digital Tingkatkan Pengangguran
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Asian Development Bank (ADB) memperingatkan pemerintah Indonesia soal pesatnya teknologi khususnya digital bisa menjadi ancaman serius bagi para pencari kerja.

Dalam laporan terbarunya, ADB menjelaskan bagaimana teknologi berpengaruh terhadap pekerjaan di Asia termasuk Indonesia. Harus diakui, sejumlah pekerjaan bakal hilang akibat otomasi, teknologi baru bisa melahirkan lapangan pekerjaan baru.

"Laporan ini menggarisbawahi bahwa para pembuat kebijakan harus proaktif jika menginginkan manfaat teknologi baru ini tersebar luas bagi seluruh pekerja dan masyarakat," kata Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia, Winfried Wicklein, di The Plaza, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Namun ada syaratnya bagi pemerintah jika ingin memanfaatkan perkembangan teknologi guna menciptakan lapangan pekerjaan baru. Yakni, upaya yang terkoordinasi dalam mereformasi sektor pendidikan yang mendorong semangat belajar seumur hidup, mempertahankan fleksibilitas pasar tenaga kerja, memperkuat sistem perlindungan sosial, dan mengurangi ketimpangan pendapatan.

"Tantangan utama bagi pemerintah dan dunia usaha di Indonesia adalah memanfaatkan peluang sembari memitigasi risiko dari teknologi baru," kata Wicklein.

Untuk itu, ADB saat ini tengah mendukung pemerintah bersiap menghadapi tantangan tersebut, antaral lain dengan melakukan kajian tentang dampak teknologi disruptif terhadap makroekonomi dan sektor-sektor tenentu seperti manufaktur, keuangan, energi, e-commerce, dan pembangunan perkotaan. [ipe]

Komentar

x