Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 08:30 WIB
 

Bangun Kanal Bandara, Kaltara Ngarep Bantuan Pusat

Oleh : - | Kamis, 12 April 2018 | 11:40 WIB
Bangun Kanal Bandara, Kaltara Ngarep Bantuan Pusat
Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tanjung Selor - Pembangunan kanal speedboat (kapal cepat) yang terintegrasi dengan Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), masih dalam peengerjaan.

Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Kamis (12/4/2018), mengatakan, pembangunan terus berjalan dengan mengalokasikan Rp20 miliar dari APBD.

Tahun 2017, proyek pembangunan kanal juga telah berjalan dengan realisasi Rp7 miliar. Sementara dana Rp20 miliar itu berasal dari dana daerah. Diharapkan ada dukungan dari pemerintah pusat sebesar Rp1 triliun untuk membangun kanal itu.

Irianto mengaku sudah mengusulkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk pendanaan lanjutannya.

"Dan, menhub (Budi Karya Sumadi) telah menjanjikan anggaran sekitar Rp1 triliun. Bila terealisasi, sekitar Rp500 miliar akan diusulkan untuk diarahkan kepada pembangunan kanal dan dermaga terintegrasi itu," ujar Irianto.

Terkait hal ini, pembagian dukungannya, pengerjaan kanal akan dilakukan oleh Kementerian PUPR, sementara dermaga oleh Kementerian Perhubungan.

Di sekitar dermaga, akan dibuat kolam putar yang kini lebarnya sekitar 30 meter yang akan ditambah hingga 50 meter.
Diperlukan pula penurapan, sehingga air kanal dapat stabil dan fungsi pengendalian banjirnya bagi Kota Tarakan dapat lebih maksimal.

Dermaga akan menjadi tempat standar turis lokal atau mancanegara, tapi juga untuk speedboat penumpang berstandar sedikit lebih tinggi dari standar speedboat reguler di Pelabuhan Tengkayu saat ini. Speedboat tersebut diharapkan memiliki standar penumpang kelas VIP.

Irianto mengatakan, sekitar muara diharapkan akan tumbuh pusat perekonomian masyarakat, seperti restoran dan hotel. [tar]

Komentar

 
x