Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 11:45 WIB
 

Menhub Akui Sulit Optimalkan Tol Laut

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 12 April 2018 | 16:03 WIB
Menhub Akui Sulit Optimalkan Tol Laut
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui pihaknya belum bisa memaksimalkan angkutan barang melalui jalur tol laut.

Antara lain, angkutan barang dari Indonesia bagian timur ke Indonesia bagian barat. "Memang selalu menjadi masalah bagmana kami memaksimalkan muatan barang dari satu tempat ke tempat lain. Kita contoh tol laut, kita ada barang ke (Indonesia) timur, tapi ke barat engga ada," kata Budi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Contohnya, kata Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura II ini, adalah kapal yang membawa hewan ternak dari Indonesia timur ke barat, namun baliknya kapal itu kosong.

"Ikan juga begitu ada dari timur ke barat, dari barat (kapal) kosong," ujar dia.

Melihat kondisi ini, dia mengatakan, kedepan pihaknya akan melakukan pendekatan tertentu. "Contohnya kapal ternak, kami akan gunakan kapal ternak itu dengan mutan barang tertentu sehingga dia ada muatan barang tertentu ke Indonesia bagian timur," ujar dia.

Dengan demikian, Budi berharap tidak lagi terjadi kekosongan atau keseimbangan kapl dari Indonesia bagian barat ke timur atau sebaliknya. "Kami akan buat katakanlah pendingin-pendingin tertentu sehingga prodak-prodak yang tadinya khusus untuk kapal-kapal tertentu bisa masuk disana. jadi kami memang harus mencari ekuilibrum tertentu untuk mendapatkan keseimbangan itu," ujar dia. [hid]

Komentar

 
x