Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 04:44 WIB

Bank Dunia Sebut Investor Tak Tertarik Tax Holiday

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 13 April 2018 | 13:40 WIB
Bank Dunia Sebut Investor Tak Tertarik Tax Holiday
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bank Dunia menilai insentif pemberian Pengurangan Pajak Penghasilan (PPh Badan atau tax holiday tidak cukup untuk membuat para investor menanamkan modalnya di tanah air.

Bank Dunia mengungkapkan harus ada insentif lain yang berikan pemerintah untuk menarik para investor. "Tax holiday bisa membantu iklim investasi, tapi ada aspek-aspek tertentu yang harus diperhatikan secara keseluruhan," kata Kepala Ekonom Indonesia, Derek Chen di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Menurut Chen, aspek yang perlu diperhatikan seperti infrastruktur, jumlah permintaan, serta kemudahan impor maupun ekspor barang. "Jadi dalam menarik investasi harus melihat gambaran secara keseluruhan," kata Derek Chen.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35 tahun 2018 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) Badan yang digunakan untuk menumbuhkan minat investasi di dalam negeri.

Pemerintah menetapkan 17 cakupan industri yang dapat memanfaatkan tax holiday, di antaranya industri petrokimia. Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas).

Namun Bank Dunia meragukan langkah tersebut dapat membuat para investor menanamkan modal di dalam negeri. "Ada aspek-aspek tertentu yang harus diperhatikan secara keseluruhan," katanya. [hid]

Komentar

x