Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 18:22 WIB

Bank Dunia: PDB Masih Andalkan Komoditas

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 13 April 2018 | 14:40 WIB

Berita Terkait

Bank Dunia: PDB Masih Andalkan Komoditas
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi pada tahun ini berpotensi mencapai 5,3% bila dapat memanfaatkan momentum. Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi ini adalah membaiknya harga komoditas.

Chief Economies World Bank untuk Wilayah Asia Pasifik, Sudhir Shetty mengatakan, prediksi meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terlepas dari mulai membaiknya ekonomi global. Tanda-tanda membaiknya ekonomi global mulai terlihat sejak 2017 lalu.

"Ekspektasi kita adalah karena ekonomi global yang mulai membaik jadi kita ekspektasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh (5,3%) pada tahun 2018 ini," ujarnya saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Dengan membaiknya harga komoditas yang sudah menjadi andalan Indonesia dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi. "Harga komoditas masih menjadi keuntungan bagi Indonesia (untuk pertumbuhan ekonomi dalam negeri)," kata Sudhir.

Lebih lanjut, Sudhir mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia juga didorong oleh investasi dan juga konsumsi rumah tangga yang masuk di dalam negeri. Menurutnya, konsumsi pribadi maupun rumah tangga akan meningkat sepanjang tahun ini.

Hal tersebut tidak terlepas dari adanya gelaran Pemilikan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun ini. Menurutnya, gelaran Pemilikan pada 2018 dan 2019 justru akan mendongkrak konsumsi pribadi bukanya menghambat.

Belum lagi, setelah adanya Pilkada, investasi juga akan tumbuh lebih cepat karena ketidakpastian politik yang mulai reda. Sehingga investor mulai akan mengeluarkan uangnya. "Dan satu lagi yang kuat adalah ditunjang dengan pertumbuhan konsumsi pribadi," katanya. [hid]

Komentar

x