Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 18:25 WIB

Baru 64% Orang Dewasa Belum Miliki Akun di Bank

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 13 April 2018 | 19:01 WIB

Berita Terkait

Baru 64% Orang Dewasa Belum Miliki Akun di Bank
Direktur Stabilitas Sistem Keuangan OJK, Sukarela Batunanggar - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keungan (OJK) menjelaskan dari total penduduk Indonesia hanya 36 persen penduduk dewasa yang memiliki akun di bank.

"Inklusi keuangan masih sangat rendah, baru 36 % dari penduduk dewasa yang memiliki akun di bank, artinya banyak sekali masyarakat yang belum tersentuh jasa keuangan," kata Direktur Stabilitas Sistem Keuangan OJK, Sukarela Batunanggar dalam acara diskusi yang bertema "Disiplin Pasar di Industri Fintech" di kantor OJK, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Dengan adanya jasa keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) diharapkan meningkatkan inklusi keuangan tersebut.

Selain inklusi keuangan, berkaitan dengan pemberian kredit kepada UMKM sekarang ini masih relatih kurang. Padahal, jumlah UMKM di Indonesia jumlahnya sangat besar.

"Porsi kredit UMKM terhadap total kredit yang diberikan masih relatif kecil kurang lebih sekitar 20 persen. Artinya ini yang masih harus diisi ke depan baik untuk incumbent (bank yang sudah ada)," ujar dia.

Kemudian, masalah yang terakhir sesuai data OJK, adalah efisiensi pada sektor keuangan yang masih rendah. Ke depan dia berharap hal ini bisa ditingkatkan. "Dalam artian bagaimana biaya-biaya transaksi keuangan termasuk juga suku bunga kedepan harus diarahkan, sehingga lebih fair lebih terjangkau, lebih bermanfaan bagi masyarakat. Ini PR yang harus diselesaikan," kata dia. [hid]

Komentar

x