Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 11:28 WIB
 

OJK Bentuk Grup Inovasi Fintech

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 13 April 2018 | 20:28 WIB
OJK Bentuk Grup Inovasi Fintech
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Financial technology (fintech) atau jasa keuangan yang berbasis teknologi belakangan ini berkembang pesat. Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Deputi Komisioner Institute Otoritas Jasa Keuangan Sukarela Batunanggar untuk mengimbangi perkembangan Fintech, pihaknya melakukan pun membuat inovasi. Salah satunya yakni membentuk grup inovasi keuangan digital dan pengembangan keuangan mikro.

"Saya kira OJK sebagai regulator yang mengatur, mengawasi dan melindungi sangat memiliki konsen dan inovasi keuangan digital. Karena saya yakin dengan inivasi ini beberapa permasalahan akan bisa dipecahkan dengan hadirnya fintech," kata Batunanggar dalam diskusi yang bertema "Disiplis Pasar di Industri Fintech" di kantor OJK, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Adapun tugas dari grup itu, kata dia, adalah melakukan research dan developmen dalam rangka mengatur fintech ke depan. Dia meyakini dengan adanya grup ini, kedepan fintech akan berkembang dengan baik.

"Bagaimana fintech berkembang dengan baik. Termasuk mendorong lembaga jasa keuangan incumbent (bank) untuk bertrasformasi kedepan dalam menyongsong era digital ke depan," kata dia.

Adapun Batunanggar sebelumnya mengatakan, ada permasalahan sektor keuangan yang dihadapi. Ada tiga tantangan yang harus dihadapi Indonesia agar keuangan stabil.

Diantaranya meningkatkan inklusi keuangan. Sebab, saat ini masih sangat sedikit sekali masayarakat yang tersentuh oleh perbankan.

Kemudian, di sektor keuangan juga harus bisa menyelesaikan masalah terbatasnya akses kredit kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Masalah yang terakhir adalah efisiensi di sektor keuangan yang masih rendah. Ke depan dia berharap hal ini bisa ditingkatkan lagi. [hid]

Komentar

 
x