Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 04:23 WIB

74 Ladang Potensial Minyak belum Tersentuh

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Senin, 16 April 2018 | 13:59 WIB

Berita Terkait

74 Ladang Potensial Minyak belum Tersentuh
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) menyebut ada sekitar 74 cekungan migas yang berpotensi memiliki kandungan minyak yang hingga saat ini belum tersentuh eksplorasi.

Sekretaris SKK Migas Arief S Handoko mengungkapkan dari 128 cekungan tersebut, sebanyak 74 cekungan hingga saat ini masih belum dilakukan eksplorasi untuk kemudian dimanfaatkan hasil migasnya.

"Ini peluang bagi industri hulu untuk pacu eksplorasi. Peluang cukup besar karena ada 74 basin belum di eksplorasi," kata Arief dalam sebuah Dialog Emiten Migas di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (16/4/2018).

Oleh karena itu, SKK Migas tengah mendorong kegiatan eksplorasi di 74 cekungan tersebut dengan mempermudah perizinan bagi badan usaha yang berminat. Kemudian ketika izin didapat, pembebasan lahan yang berpotensi memiliki cadangan migas harus dipastikan berjalan mulus.

"Pesan pemerintah Jokowi memang perizinan harus dipangkas, segala hambatan harus dihilangkan," katanya.

Arief bilang produktivitas migas Indonesia dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Kini Indonesia hanya bisa memproduksi 800 ribu barel minyak mentah per hari. Padahal di tahun 1974 lalu, Indonesia mampu menghasilkan 1,7 juta barel minyak mentah per hari.

"Kita punya gap yang cukup besar. Per Maret 2018 kita masih punya gap di mana produksi kita yang dulu pernah mencapai 1,7 juta barel per day kira-kira di tahun 1974 kemudian turun sekarang cuma sampai 800 ribu barel. Kalau dari sisi konsumsi, konsumsi kita naik terus," katanya. [jin]

Komentar

x