Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 19:29 WIB

Jokowi Minta PSN untuk Kurangi Kemiskinan Daerah

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 16 April 2018 | 18:40 WIB
Jokowi Minta PSN untuk Kurangi Kemiskinan Daerah
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta evaluasi terhadap pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Intinya, PSN bisa menekan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi di daerah.

"Sidang kabinet paripurna di 12 Februari yang lalu, saya memberikan arahan pada Menko Perekonomian untuk melakukan evaluasi melihat satu persatu pelaksanaan PSN sampai dengan awal 2018 ini," kata Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menurut Jokowi, jajaran menteri harus bisa melihat mana yang betul-betul bisa dieksekusi, dan mana yang tidak mungkin dilaksanakan. Selain itu harus dipisahkan PSN yang belum rampung di 2017. "Saya minta juga agar segera diselesaikan dan dituntaskan pengerjaannya untuk tahun ini," ujar mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengatakan, program PSN yang direncanakan untuk mulai digarap pada 2018, harus betul-betul dipastikan eksekusinya di lapangan. Perlu diperhatikan dampak dari proyek PSN, apakah memberikan nilai tambah kepada perekonomian daerah, serta berdampak kepada turunnya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi.

"Untuk itu, PSN betul-betul harus terintegrasi dalam rangka pengembangan sektor unggulan yang sedang dikembangkan oleh daerah misalnya tol laut harus dipastikan program ini benar-benar bisa menurunkan biaya logistik berdampak pada turunnya harga-harga bahan pokok yang dikeluhkan rakyat terutama di daerah kepulauan," jelas dia. [ipe]

Komentar

x