Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 07:22 WIB
 

Tol Manado-Bitung Daftar Panjang Gagal Konstruksi

Oleh : - | Rabu, 18 April 2018 | 08:09 WIB
Tol Manado-Bitung Daftar Panjang Gagal Konstruksi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pembangunan infrastruktur kembali mengalami kecelakaan. Kali ini, proyek tol Manado-Bitung ambruk terkena apes lantaran bos overpass-nya ambrol. Tiga orang pekerja tertimbun.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, penyelidikan atas kejadian nahas di tol Manado-Bitung terus dilakukan. Diduga kuat ada kesalahan dalam pemasangan box untuk overpass.

"Itu pembangunan box overpass. Jadi ada box khusus. Dia perancang betonnya belum cukup kuat, mungkin ada kegagalan di perancangan," tutur Arie di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Sementara Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga, Iwan Zarkasi menambahkan, dugaan awal kecelakaan konstruksi terjadi lantaran beton penyangga box masih belum siap.

"Beton basah kemudian ada satu yang enggak kuat jadi langsung mengakibatkan jatuhnya tiang lainnya. Kira-kira itu, sebentar lagi diperbaiki cara metodenya," kata Iwan.

Iwan mengatakan, overpass tersebut merupakan garapan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yang merupakan salah satu kontraktor yang ditunjuk. Pembangunan tol itu dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), di mana dari 39 km dibagi menjadi 2 seksi, yakni Seksi I Road Manado-Sukur-Airmadidi (14 km) dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 km) dikerjakan BUJT, yakni PT Jasa Marga Manado Bitung.[tar]

Komentar

 
x