Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 05:53 WIB

Pabrik Drone Pertama di Asia Berada di Sentul

Jumat, 20 April 2018 | 03:29 WIB

Berita Terkait

Pabrik Drone Pertama di Asia Berada di Sentul
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Direktur PT Famindo Inovasi Teknologi (FIT), Julius Agus Salim meresmikan pabrik pengembangan teknologi drone pertama di Asia Tenggara di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/4/2018).

Kata Julius, orang Indonesia banyak yang memiliki kemampuan hebat, sehingga wajarlah apabila pabrik drone pertama di Asia Tenggara berada di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Selaras dengan misi FIT dalam mengembangkan karya anak bangsa, khususnya dalam produksi drone yang ramah lingkungan. "Selama ini kita lebih banyak mengimpor drone dari China dan Eropa, padahal kita bisa memproduksi sendiri. Ini yang memotivasi saya untuk membuat pabrik drone," kata Julius dalam rilis kepada INILAHCOM, Jakarta.

Julius mengakui, pengembangan drone di Indonesia, saat ini, masih langka. Lantaran, belum adanya dukungan teknologi serta edukasi tentang pemanfaatan drone untuk manufaktur dan pengembang. Alhasil, konsumen drone di Indonesia masih sangat minim. Sehingga banyak drone impor yang digunakan di tanah air. "Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan drone ini 80% merupakan produksi dalam negeri," ungkapnya.

Lebih lanjut Julius mengatakan, Famindo Group merupakan perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan Mabes TNI, Polri, Basarnas dan BIN. "Salah satu perusahaan milik Famindo Group adalah PT Famindo Inovasi Teknologi, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi drone dan terus berinovasi lebih jauh di sektor drone," kata Julius.

Ditambahkan, drone yang diproduksi FIT dibuat di pabrik yang ramah lingkungan serta didukung teknologi dan standar yang terakreditasi, baik level nasional maupun internasional. "Proses pembuatan setiap produk melalui tiga tahap dinamis (Design, Perakitan dan Testing) yang mengutamakan detail serta kesempurnaan setiap rangkaian pada sistem UAV (pesawat tanpa awak)," katanya.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas), Marsdya TNI Muhammad Syaugi yang hadir dalam peresmian, menyambut baik peresmian PT FIT yang concern dalam pengembangan drone dan Sekolah Pilot Drone. "Saya melihat sangat bagus terkait pengembangan produksi drone termasuk adanya sekolah pilot khusus drone di Indonesia," kata Syaugi. [ipe]

Komentar

x