Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 05:10 WIB
 

Sumbar Segera Wujudkan KEK Pulau Siberut

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 20 April 2018 | 14:11 WIB
Sumbar Segera Wujudkan KEK Pulau Siberut
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Mentawai - Pemerintah telah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus di kabupaten Kepulauan Mentawai dengan potensi pariwisata berupa laut dan pantai yang sangat besar. Apa saja keistimewaannya?

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dipusatkan di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai Privinsi Sumatera Barat. Salah satu dari sekian banyak daya tarik mentawai adalah adanya spot surfing yang disukai oleh wisatawan mancanegara.

Kunjungan wisatawan ke Mentawai saat ini sekitar 9.000 orang per tahun dan berpeluang meningkat menjadi 300.000 orang per tahun. Dengan asumsi kasawan KEK telah terwujud. Walaupun ntuk mendukung percepatan terwujudnya KEK perlu dipersiapkan berbagai infrastruktur, demikian mengutip dari laman resmi Pemprov Sumbar, Jumat (20/4/2018).

Pemerintah Kabupaten Kepulauan mentawai telah menyediakan lahan sebesar 2.600 hektare di Taileleu di Pulau Siberut. Lahan ini siap untuk pembangunan sarana prasarana seperti hotel mall, bandara, sarana olahraga, pelabuhan dan bandar udara internasional, sekolah, rumah sakit, termasuk kawasan industri.

Insfrastruktur perhubungan berupa lapangan terbang juga perlu di perbaiki. Saat ini landasan pacu bandara Rokot di pulau Sipora sepanjang 800 meter akan di perpanjang menjadi 1800 meter sehingga dapat didarati pesawat jenis ATR.

Dengan pembanguan KEK di Mentawai akan mendukung ekonomi masyarakat setempat menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Wakil Gubernur Sumatera Barat pun meninjau persiapan pembangunan KEK di Pulau Siberut tersebut. Wagub Sumber berserta rombongan dan Tim BPK-RI yang dipimpin oleh Ibu Isma Yatun, anggota V BPK RI, Rabu (18/4/2018) melakukan supervisi perencanaan ke kawasan ekonomi Khusus di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Tim Kunjungan kerja di sambut oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Bapak Yudas Sabaggalet S.E., M.M. Tim Kunjungan Kerja selanjutnya melakukan peninjauan ke Kawasan ekonomi Khusus Kepulauan Mentawai.

Komentar

x