Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:34 WIB

Akhir Mei Akses Bandara Kertajati Harus Jadi

Oleh : - | Sabtu, 21 April 2018 | 06:09 WIB
Akhir Mei Akses Bandara Kertajati Harus Jadi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Majalengka - Progres pengerjaan aksebilitas menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) terus dikebut, seiring rencana operasi bandara ini pada Juni 2018.

Saat ini, progres pembangunan akses BIJB non-tpl hingga pertengahan April 2018 ini, sudah lebih dari 50%. "Diharapkan bulan depan sudah bisa difungsikan," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik
di Majalengka, Jumat (20/4/2018).

Pembangunan fisik aksebilitas non-tol ini, kata dia, dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Panjangnya mencapai 1,8 kilometer dengan lebar 50 meter. Pengerjaan fisik dilakukan setelah 24 hektar lahan yang dibutuhkan selesai dibebaskan pada Desember 2017 oleh Pemprov Jawa Barat.

Masih kata Dedi, akses bukan tol ini cukup vital, karena akan menjadi penghubung langsung jalur arteri Kabupaten Majalengka menuju bandara. Akses ini lokasinya berjarak sekitar 4 kilometer dari gerbang tol (GT) Kertajati. "Akses non-tol adalah akses utama karena itu menjadi akses yang dibutuhkan untuk aksesibilitas" ungkap Dedi.

Kaitan dengan aksebilitas menuju Bandara Kertajati terintegrasi juga akan terhubung dengan Tol Cipali. Saat ini, Pemprov Jabar masih melakukan pembebasan lahan untuk kebutuhan jalan sepanjang 2,4 kilometer.

Keberadaannya, kata Dedi, akan terhubung langsung dengan interchange di kilometer 157 Tol Cipali. "Diperkirakan fisik pembangunan tol tersebut dimulai 2019 sejalan dengan rampungnya Tol Cisumdawu," kata Dedi. [tar]

Komentar

x